5 Langkah Mudah Berbisnis Memakai Pinterest

5 Langkah Mudah Berbisnis Memakai Pinterest – Tahukah Anda berbisnis memakai Pinterest sama menjanjikannya dengan media sosial lain? Mengawali usaha virtual dari jejaring sosial memang bukan hal baru. Apalagi beberapa platform seperti Facebook Ads, Twitter, Instagram Ads dan Google Adwords gencar mengenalkan fitur-fitur bisnis yang semakin memudahkan pebisnis digital untuk mengenalkan produknya.

Pinterest juga sebenarnya sudah menyediakan fitur berbisnis untuk penggunanya. Hanya saja, belum banyak yang tahu atau kurang familier dengan pemakaian layanan tersebut. Padahal, fitur-fitur bisnis dari Pinterest dapat memberi hasil memuaskan kalau Anda bisa menerapkan 5 langkah berikut ini.

Membuat board khusus karyawan
Seperti yang Anda ketahui, SDM merupakan salah satu aset bisnis paling berharga. Kemampuan yang mereka kuasai mempengaruhi pembentukan usaha yang Anda rintis. Untuk mendukungnya, Anda dapat membuat board khusus pegawai di akun Pinterest bisnis. Misalnya, Anda yang sedang mengelola kafe atau restoran bisa mengunggah foto-foto makanan dan minuman yang dihasilkan para chef pada board khusus untuk mereka. Pastikan kontennya tetap konsisten agar pengguna Pinterest lain dapat menyimak dan mengikuti board tersebut sebagai salah satu inspirasi kuliner mereka.

2. Konsep board dan pin yang interaktif

Mengunggah foto tanpa deskripsi interaktif akan membuat Pinterest untuk bisnis Anda kering kerontang. Anda dapat mengubah board atau pin jadi lebih ‘hidup’ lewat integrasi dengan jejaring sosial lain seperti Youtube, Instagram, atau SoundCloud untuk memperluas jangkauan. Jika Anda mengunggah foto lokasi bisnis, sertakan juga tautan dari peta digital supaya pengguna tidak kebingungan mencari alamat. Lalu, manfaatkan fitur Rich Pins persembahan Pinterest yang memungkinkan pebisnis digital menambahkan detail yang dibutuhkan. Jangan lupa menjawab pertanyaan yang diajukan calon pelanggan.

3. Mengadakan kontes atau giveaway
Metode berbisnis memakai Pinterset yang satu ini terbilang efektif buat menjaring konsumen baru dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Apalagi semua orang menyukai produk gratis bemutu tinggi. Manfaatkan peluang ini untuk memperkenalkan keunggulan dari produk yang dijadikan sebagai hadiah kontes atau giveaway. Untuk memudahkan event ini, Pinterest menyediakan Pin to Win yang membantu para pebisnis digital buat mengajak para pengguna platform tersebut mengikuti kontes. Supayaevent tersebut berlangsung lancar, pastikan syarat dan ketentuan yang Anda pasang sudah jelas.

4. Menyediakan board infografis

Salah satu keunggulan Pinterest dibandingkan media sosial lainnya adalah tampilan visual yang lebih responsif. Hal tersebut didasarkan dari tingginya respons gambar dibandingkan teks oleh pengguna di Pinterest. Maka dari itu, Anda harus memakai strategi yang sesuai kalau mau berbisnis di sana. Salah satu metode yang belakangan sedang digemari adalah menampilkan informasi dalam infografis. Sesuai namanya, konten ini menyajikan teks dalam grafis yang mengundang atensi pengguna. Selain itu, cara ini cocok buat Anda yang ingin menampilkan nilai maupun Corporate Social Responsibility dari gambar.

5. Konten berbasis search engine friendly

Optimasi terhadap mesin pencari atau SEO masih dibutuhkan demi mendapatkan atensi penuh, terutama di Google. Di Pinterest, metode tersebut dapat Anda lakukan dengan menyesuaikan konten dan keyword supaya dianggap relevan oleh mesin pencari. Kemudian, buatlah deskripsi yang padat dan tak bertele-tele, sebab konsumen lebih suka konten yang to the point. Anda juga bisa memasukkan istilah tertentu yang nantinya dihubungkan dengan kebutuhan pelanggan. Terakhir, pastikan gambar atau foto yang Anda unggah beresolusi tinggi.

Comments